Minggu, 02 Desember 2012

PERNIK PPL-KKN



Selamat Berpisah
Selama tiga bulan kalian hidup dalam kepatuhan dan keluguan….itu yang bisa terlihat pada diri kalian yang tercermin dalam sorotan mata, tutur kata, dan prilaku.begitulah kami menilai kalian walaupun di dalam lubuk hati sanubari kalian tak seorangpun yang tahu….tapi untuk apa kami tahu sesuatu yang hanya kalian yang tahu…


Pasti kalian membawa rasa masing-masing, tentu itu adalah sunnatullah yang harus diterima dengan lapang bagi yang dihampiri rasa kurang menyenagkan dan tentunya bagi kalian yang  dianugerahi rasa menyenangkan maka terimalah dan bawalah pergi  dengan langkah pasti penuh kedamaian.


Sungguh kalian adalah  potret kami di masa lalu…apa dan bagaimana kami bersikap, bertutur kata dan besosialisasi pada kalian adalah bentuk dari besarnya keinginan kami untuk melihat kalian menjadi orang yang ditaqdirkan seperti apa yang kalian cita-citakan.


Sungguh kalian adalah penerus kami di masa yang akan datang…. Apabila ada diantara kalian yang tidak berkenan dengan sikap dan bimbingan kami ,maka hanya ma’af yang bisa kami pinta.


kami sadar sesadar-sadarnya…bahwa bimbinggan yang diberikan oleh pamong kalian masing-masing,..hanya kalian yang bisa menilainya…, puaslah sepuas-puasnya bagi kalian yang sejalan dengan pamong kalian… tapi janganlah kecewa sekecewa-kecewanya apabila ada diantara kalian yang merasa tidak sejalan, tidak sefaham dengan pamong kalian, ambillah pelajaran dari semua kekecewaan itu, jadikanlah dia menjadi Mahaguru kalian sehingga kelak kalian tidak seperti itu.


SMP Negeri 5 Pringgabaya…adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan  sejarah hidup kalian….sejarah hidup adalah perjalanan kehidupan yang pernah kita lewati.. semakin panjang perjalan itu, semakin banyak pula sejarah hidup yang bisa dirrangkai dan dikisahkan kelak.


Pesan kami pada kalian semuanya…..
Apabila ada yang menghina kalian, jadikanlah penghinaan itu sebagai pujian.
Apabila ada yang membenci kalian , maka jadikanlah kebencian itu menjadi cinta dan kasih sayang.


dan terakhir…. Apabila ada hal-hal yang baik dari kami, maka ceritakanlah itu kepada semua orang. Dan apabila ada hal yang tidak baik dari kami, maka ceritakanlah hanya kepada kami…Apabila kalian kebetulan lewat di depan SMPN 5, mampirlah…. Dan bila kebetulan kalian sedang berkelana di dunia maya…maka mampirlah di blog SMPN 5 PRINGGABAYA (http://smpn5pby.blogspot.com)

selamat jalan ………

 ___________________________________________________________
 Ku Titip Buah Hatiku Demi Sebuah Cita2
Mungkin tidak banyak orang yang setegar sosok mahasiswi yang satu ini,betapa tida ketika kami ngobrol panjang di suatu waktu, aku kagum sekagum kagumnya ketika dia menceritakan perjalanan hidupnya….ketika itu dia sedang kuliah di sebuah perguruan tinggi di Jogjakarta, tanah kelahirannya, disanalah dia ketemu dengan seorang pria yang tidak pernah luput dari tatapan matanya….hingga menjadi tautan hati belahan jiwa….saking besarnya rasa anugrah yang Maha Kuasa pada keduanya..merekapun memutuskan untuk segera menikah… ketika dia menceritakan semua ini kepada saya, saya melihat air mata yang tertahan di kedua bola matanya..pak katanya,, sebenarnya orang tua saya tidak merestui kami.. terlebih lagi ketika saya dikasi pilihan antara tetap tinggal bersamanya atau ikut ke Lombok dengan suami tercinta, betapa itu adalah sebuah pilihan yang tidak bisa saya pilih satu diantara keduanya… akan tetapi saya harus memilih pak, katanya…saya ikut suami ke Lombok dengan meninggalkan keluarga dan kampus saya…setelah di Lombok saya bertekad harus meneruskan kuliah , siapa tahu bisa menjadi pengobat hati orang tua saya, katanya terputus-putus…, stelah sekian tahun merekapun dikarunai seorang putera…dan sekarang dia sedang melaksanakan kegiatan PPL di SMPN 5 Pringgabaya…pendek cerita.. awalnya saya melihat dia seperti orang yang tidak punya permasalahan hidup…sungguh tidak bisa terdeteksi dari prilakunya yang ramah, baik, sopan…sedikitpun tidak terlihat beban hidup padanya…. Oh ya Wiek (begitu dia di panggil)” gimana puteranya, sehat???  Saya bertanya,  Ya pak..” saya titip sama neneknya di Jogja nanti selesai PPL saya ambil lagi” dia jawab gitu… saya tertegun denger itu…Demi sebuah perjuangan hidup dia rela berpisah dengan buah hatinya yang sedang membutuhkan kasih sayang seorang ibu.. ironis memang seorang mahsiswa PPL tidak mau menjadikan permasalahn keluarga sebagai sebuah alasan untuk tidak PPL, tetapi kok ada  guru tidak masuk sekolah karena menyusui anaknya… wahhh ga tahu malu tuuu.. 
 ___________________________________________________

Nah ni dia Calon Guru Profesional,liat aja tuu.. sebelum masuk kelas pusing dulu mikirin gimana carax ngajarin anak2 biar cepet ngerti .              berdasarkan survei....dia menempati urutan teratas ....ehmm jgn grr dulu ya 

ANTARA HINAAN DAN PUJIAN

Aku adalah sosok pribadi yang mau hidup lepas tanpa beban,hidup sesuai selera style aku tanpa diatur-atur gitu…begitulah aku jalani hidup ini di rumah.., di kampus…,dimana aja..tapi ketika aku menjalani kegiatan PPL-KKN aku mulai merasa dibatasi oleh macem2 aturan, etika.., dll .

Berat memang aku hadapi semua ini…, mungkin karena kebiasaan kali sehingga ini terasa berat,namun aku selalu mencoba untuk sedikit mau merubah diri baik dari segi cara berpakaian, cara bersosialisasi , tapi walau begitu masih saja aku ditegur oleh beberapa guru dan teman2ku padahal sudah aku anggap sopan lho cara berpakaianku….

Oh Tuhan … ternyata susah juga ya menjadi seorang guru….begitu aku menggrutu dengan suara hati sendirian….

Itulah sedikit curhat mahasiswi ini kepada saya, mendengar semua curhatnya itu saya katakan kepadanya… kalau kamu merasa bahwa menjadi guru itu berat , itulah yang bagus, Lho kok bagus pak.. maksudnya apa ? timpalnya..,

Kalau seseorang sudah merasa berat dalam menghadapi sesuatu, dia akan berusaha untuk mencari cara agar beban yang berat itu bisa menjadi ringan…, yak an?? Nah ..merasa bersalah pada diri sendiri adalah awal  yang baik untuk merubah diri..

Kalau diawal-awal kamu menjalani kegiataan PPL-KKN ini kamu terus mendapat hinaan..,karena sikapmu yang semau gue mungkin…justru ini yang bagus , artinya apa.. jadikanlah hinaan itu menjadi sebuah pujian…, Lho gimana Bapak ini katanya.., mana bisa pak??..nah itu dia kamu… saya jawab.Begini ketika kita dihina orang mungkin karena wajar kita dihina…maka kembalikan semuanya kepada diri kita…pasti ada yang salah.. nah kalau sudah ketemu dimana salahnya segeralah untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin itu menjadi asal muasal penghinaan itu…, teruslah sibuk untuk memperbaiki kesalahan –kesalahan itu sehingga pada akhirnya nanti orang akan melihat perubahan kita ke arah yang baik.. nah disinilah moment kita akan mendapat pujian..

Tidak menutup kemungkinan orang yang menghina kamu dulu akan dihina oleh orang lain, kenapa bisa gitu pak?? Karena kamu terus sibuk memperbaiki diri sementara dia setiap hari , setiap malam sibuk menghina orang dan dia lupa kalau  menghina itu adalah sebuah perbuatan yang paling hina….bahkan lebih hina dari penghinaannya kepadamu..,ya channnnnnnnn????
PESAN Q
Berterimakasihlah apabila ada orang yang menyalahkan kamu, menghina kamu dan mengkritik kamu, terimalah semua itu dengan keikhlasan dan ketulusan hati sembari segera memperbaiki kesalahan atau kekurangan yang disangkakan kepada kamu kalau itu memang betul, kalau tidak betul maka berdo’alah agar tidak begitu.

Dan Berhati-hatilah apabila ada orang yang memuji kamu, janganlah Pujian itu dijadikan kepuasan hati untuk berhenti memperbaiki diri….artinya janganlah berhenti melakukan sesuatu setelah mendapatkan pujian………

Nah pada akhirnya.., saya salut kepada sosok mahasiswi ini.., gimana tidak.., dulu di hina sekarang dipuji , bukankah itu namanya “ KHUSNUL KHOTIMAH” alias Baik pada akhirnya. Bukankah itu impian setiap orang????

saya melihat perubahan yang derastis pada dirinya..,dia berpakaian sopan, berkomunikasi bagus… sampai-sampai demi menyelesaikan laporannya dia rela berhujan-hujan sampai tdk sadar kalau hari sudah malem…dan yang lebih mencengagkan saya adalah.. untuk persiapan makanan pada acara perpisahan PPL-KKN nanti harus dimasak dirumahnya,karena takut dak enak katanya…, waah  kruueen buuanget tu Riiiiii ????


Lihatlah senyum yang lepas itu....Begitulah mestinya seorang guru..ceria ketika mau masuk kelas...lihat pula langkah ringan yang mantap itu.... begitulah mestinya seoarang guru melangkah tanpa beban..... goood.....good...be a good teacher...
?? 
Nampang du achh....pi ngomong2 ko' pada sakit lutut tuu..    emangnya kelelahan angkat bata yaa??
Hei ... tu lagi di Mushalla to di taman sih..? yg bener aja ahh?
Kalo mbaca liat bukux dong....!! aku yakin ni kamu lagi nggosipin temen kamu nii.. hee..hee kamu ngga' tahu ya.. nggosip tu dosa buueessaaarrr......
Salut sama calon guru yang satu ni...
hei Guss.. lagi ngapainn kamu tuu...? yang bener aja tu gus...
lagi ada yang mau datang ya tamux ni Liek...ko' cengar cengir ....sendirian lagi...wah bahaya tu ..




Emangx kami mau audisi ... tapi ditolak sama team juri...mungkin kebanyakan gaya kali tu...











 DPL yang selalu datang setiap minggu menemui Mahasiswa PPL di SMPN 5 Pringgabaya..
Mereka lagi ditanyain satu/satu tentang programnya...liat aja tu ada yang serius.... ada yang pura2 buka buku ....ehmm mati aku....kata salah seorang Mahasiswa...




 Nah kalo ni mereka sedang diajarin mbuat program semester...






 

nyari materi ato FBan ......?????







 

 salah seorang mahsiswa jur. BP/BK sedang memberikan konselor kali ya... wah baguss tuu mas Yud...








 Yang ini sih lagi ngintiip DPL datang kali yaa???? pura2 baca buku tapi matanya ko' kemana gitu.....kalo ditanya sihh.. ya manislah lu bedua....








 Ni Calon bu guru Bahasa Inggris sedang bimbing siswa di dalam kelas... teruskan begitu bu sampai nanti jadi guru beneran yaa???






















































PPL-KKN DALAM KENANGAN
       ***************klik di sini**


2 komentar:

  1. Photonya cukup kren dan bersahaja sekali rupanya Pak guru mempublikasikannya.
    Kalo mau tambah kren pakai program DVD photo SlideShow. sebagai contoh
    Klik disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener pak afif..itulah gaya mereka apa adanya di smpn 5 pringgabaya...saran pak afif akan saya coba ..tapi omong2 dibuat dulu dalam btk dvd slide show baru di upload yaa???? trims buanyak pak afif atas smua saranx...yakinlah ilmu yang dibagi2 tdk akan pernah habis bahkan akan smakin bertambah..ya kan pak guru????

      Hapus